MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRAMA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII A MTSN 4 HULU SUNGAI UTARA
Abstract
Hasil ulangan harian materi drama pada tahun lalu menunjukkan bahwa rata-rata nilai bahasa Indonesia siswa kelas VIII A masih belum mencapai KKM yaitu 70 sedangkan KKM nya yaitu 73, hanya sekitar 60% siswa yang mencapai KKM. Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia guru masih cenderung sebagai sumber ilmu dan mendominasi kelas. Siswa harus duduk dengan rapi. Media gambar merupakan cara yang digunakan dimana siswa terlibat aktif dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi drama dengan media gambar di kelas VIII A MTsN 4 Hulu Sungai Utara.Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II MTsN 4 Hulu Sungai Utara dan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 1 kelas dari 3 kelas yang ada di MTsN 4 Hulu Sungai Utara dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi aktivitas, dan tes sedangkan teknik analisis data menggunakan penskoran dengan skala Guttman, rata-rata, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa dengan media gambar meningkat.