PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA BAGI SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 4 HULU SUNGAI UTARA

  • Lam’ah MAN 4 Hulu Sungai Utara
Keywords: Model pembelajaran, Kooperatif Make a Match, Hasil belajar

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah agar hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN 4  Hulu Sungai Utara dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada Materi Pengelolaan Sumber daya Alam Indonesia. Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match adalah model pembelajaran dimana siswa bekerja sama mencari pasangan masing-masing sambil belajar mengenal suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan..Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Terdapat dua kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan  pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru  serta tes tertulis. Tes hasil belajar dan teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan data, sedangkan teknik persentase digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan belajar guru lebih aktif dan kreatif, serta keaktifan belajar siswa meningkat. Selain itu terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa  dari 58,06% pada siklus I menjadi 80,65% pada siklus II.

Published
2021-09-30
Section
Articles
Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 160 times