PENGGUNAAN METODE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS DESCRIPTIF SISWA KELAS VIII MTs.N 3 HULU SUNGAI UTARA (BABIRIK)

  • Sri Herniwati MTsN 3 Hulu Sungai Utara
Keywords: CIRC, Teks Deskriptif, Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui apakah metode CIRC dapat meningkatkan Pemahaman Membaca Text Descriptive Siswa kelas VIII  MTs.N 3 HSU (Babirik) Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang difokuskan pada situasi kelas dan biasa disebut dengan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan dilakukan untuk meningkatkan Pemahaman Membaca Text Descriptive Siswa Kelas VIII MTs.N 3 HSU (Babirik) : PTK,

Dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran B. Inggris.  Subjek pelitian adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri angket Pemahaman siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa.

Hasil penelitian diperoleh pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris melalui pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan Pemahaman Membaca teks descriptive siswa belajar Bahasa Inggris. Hasil angket diperoleh kenaikan persentase skor pemahaman siswa belajar Bahasa Inggris  di setiap siklusnya. Rata-rata  skor pemahaman siswa  belajar Bahasa Inggris  sebelum tindakan (awal) adalah sebesar 35 % dan berada pada kriteria "rendah". Setelah siklus I rata-rata  skor pemahaman siswa belajar Bahasa Inggris  menjadi 57,69 % dan berada pada kriteria "sedang". Setelah siklus II rata-rata  skor pemahaman siswa belajar Bahasa Inggris  meningkat menjadi 100 %  dan berada pada kriteria "sangat tinggi". Nilai rata-rata kelas pada quiz siklus I adalah 81,5 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 95,87

Published
2021-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 127 times
PDF downloaded = 140 times