TELAAH PENGGUNAAN GAMES DIGITAL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN MASA KINI

  • Wulan Lestari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Evaluasi, Game, Guru

Abstract

Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang telah tertuang dalam UU No.20 Tahun 2003 (Sisdiknas, pasal 3). Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perbaikannya harus mencakup keseluruhan komponen dalam sistem pengajaran tersebut. Komponen- komponen yang penting diantaranya adalah tujuan, materi dan evaluasi. Guru harus mampu mengukur kompetensi yang telah dicapai oleh siswa dari setiap proses pembelajaran sehingga guru dapat menentukan keputusan terhadap siswa tersebut,. Oleh karena itu, guru setidaknya mampu menyusun instrumen tes maupun non tes, mampu membuat keputusan bagi posisi siswanya, apakah telah dicapai harapan penguasaannya secara optimal atau belum. Evaluasi merupakan  proses  yang  harus  dilaksanakan  untuk  mengetahui  tingkat  target  pencapaian kinerja maupun dalam upaya peningkatan mutu suatu organisasi. Informasi-informasi diperoleh dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada gilirannya digunakan untuk memperbaiki kualitas proses belajar  mengajar.  Setiap  guru  dalam  melaksanakan evaluasi harus paham dengan tujuan dan manfaat dari evaluasi atau penilaian tersebut.

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 344 times
PDF downloaded = 635 times