Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan Melalui Media Gambar di Kelas VIII D MTsN 3 HSU Babirik

  • Fitriah MTsN 3 Hulu Sungai Utara
Keywords: Interaksi sosial, Media gambar

Abstract

Pembelajaran yang bermakna akan membawa siswa pada pengalaman belajar yang mengesankan. Pengalaman yang diperoleh siswa akan semakin berkesan apabila proses pembelajaran yang diperolehnya merupakan hasil dari pemahaman dan penemuannya sendiri. Dalam konteks ini siswa mengalami dan melakukannya sendiri. Proses pembelajaran yang berlangsung melibatkan siswa sepenuhnya untuk merumuskan sendiri suatu konsep. Keterlibatan guru hanya sebagai fasilitator dan moderator dalam proses pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukan bahwa siswa   masih kurang memahami materi disebabkan kurang oftimal dan kreatifnya guru dalam menyajikan bahan atau sumber belajar kepada siswa. Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII D MTsN 3 HSU Babirik. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang di dalamnya terdapat perencanaan,pelaksanaan serta hasil yang di dapat dari pembelajaran yang sudah dilakukan.

Subyek  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D, Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan nilai tes formatif adalah teknik statistik deskriftif, sedangkan data kualitatif digunakan teknik analisis dalam bentuk paparan naratif. Hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar pada umumnya baik dan meningkat, sesuai dengan apa yang diharapkan dalam pembelajaran. Adapun dalam mengumpulkan data dilapangan dengan menggunakan teknik angket, wawancara, observasi dan documenter. Dalam pengolahan data digunakan editing, koding, menghitung frekuensi, tabolating, interpretasi data dan dalam meng analisa data menggunakan deskriftif kualitatif sedangkan pengambilan kesimpulan digunakan teknik induktif.

Berdasarkan hasil penelitan didapatkan bahwa dalam melalui kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dan Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi   Hubungan Sosial  pada siswa kelas VIII MTsN 3 Babirik. Hal tersebut ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan rata-rata hasil IPS dari siklus I sebesar 81,90 dan 87,62 pada siklus II. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan belajar individual, siklus I sebesar 76,19% dan siklus II sebesar 90,48%.

Published
2021-03-30
Section
Articles
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 1 times