Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angsana Pada Konsep Sistem Koordinasi
Abstract
Pendidikan memegang peranan yang penting dalam hidup seseorang untuk mencapai suatu keberhasilan. Melalui pendidikan, seseorang akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dapat meningkatkan kualitas dirinya. Pendidikan sendiri tidak dapat terlepas dari pendidik yaitu guru. Guru sebagai pendidik sebaiknya mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara efektif dan efisien. Pola pembelajaran yang diterapkan selama ini masih didominasi teacher-centered sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Pnelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angsana pada konsep sistem koordinasi. Penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperimen dengan rancangan yang dikenal dengan “pretest-posttest control group design” yang menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Project Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar kognitif. Data hasil belajar kognitif dikumpulkan melalui tes essay, selanjutnya menggunakan rubrik untuk pengukuran hasil belajar kognitif siswa. Data dianalisis menggunakan anava satu jalur dengan bantuan SPSS versi 18 for windows dengan taraf sig 0,05 (p ≤ 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada konsep sistem koordinasi, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest sebesar 77,09 dan Fhitung = 53,638 (p =0,000) atau < 0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.