Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IX D MTsN 1 Hulu Sungai Utara Dimasa Pandemi Covid 19 Melalui Bimbingan Klasikal Secara Online

  • Rina Purnami MTsN 1 Hulu Sungai Utara
Keywords: Keaktifan Siswa, Pandemi Covid 19, Bimbingan Klasikal

Abstract

Sehubungan dengan adanya wabah covid-19 maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) poin ke 2 yaitu proses belajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan: Belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas  maupun kelulusan; Belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19;Aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masng, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dirumah

                Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan 3 siklus yakni Pra siklus, siklus I di laksanakan selama 2 hari pelaksanaan penggunaan bimbingan klasikal secara online. Pada pra siklus di peroleh skor 39 artinya keaktifan siswa dimasa pandemi covid 19 rendah. Pada siklus I di peroleh skor 74 artinya keaktifan siswa dimasa pandemi covid 19 sedang. Jadi penggunaan bimbingan klasikal secara online dapat meningkatkan keaktifan siswa dimasa pandemi covid 19 sedikit demi sedikit. Pada siklus II di peroleh skor 102 artinya keaktifan siswa dimasa pandemi covid 19 sangat tinggi. Jadi penggunaan bimbingan klasikal secara online dapat meningkatkan keaktifan siswa dimasa pandemi covid 19.

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract viewed = 250 times
PDF downloaded = 1126 times