Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan Dengan Strategi Think Talk Write Pada Siswa Kelas VIII A MTsN 1 Hulu Sungai Utara
Abstract
Peningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi teks ulasan siswa kelas VIII A MTsN Hulu Sungai Utara dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write merupakan tujuan dari penelitian ini. Peningkatan secara proses maupun secara produk dapat dilihat melalui strategi pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Hulu Sungai Utaramelalui penelitian tindakan kelas (PTK). Siswa kelas VIII A yang terdiri atas 21 siswa sebagai subjek penelitian. Dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi merupakan siklus yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan tes keterampilan bercerita. Lembar observasi, tes bercerita, dan lembar penilaian keterampilan bercerita siswa merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini . Validitas proses, validitas dialogis, dan validitas hasil adalah validitas yang digunakan dalam penelitian ini. Secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif adalah cara yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh.
Penerapan strategi Think Talk write dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VIII A MTsN 1 Hulu sungai Utara merupakan hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini. Dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan, perhatian dan konsentrasi siswa pada pelajaran, minat siswa selama pembelajaran, keberanian siswa bercerita di depan kelas menunjukkan peningkatan. Secara produk dapat dilihat dari skor rata- rata keterampilan bercerita dari pratindakan sampai siklus II mengalami peningkatan. Skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 18,24 pada pratindakan, , kemudian pada siklus I meningkat menjadi 21,91 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28,05. Sebesar 6,78 peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II sedangkan skor rata-rata kelas sebesar 9,81dari pratindakan hingga siklus II. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk write mampu meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VIII A MTsN 1 Hulu sungai Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.