Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan Dengan Strategi Think Talk Write Pada Siswa Kelas VIII A MTsN 1 Hulu Sungai Utara

  • Fatmawati MTsN 1 Hulu Sungai Utara
Keywords: keterampilan bercerita, strategi pembelajaran, Think Talk Write

Abstract

Peningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi teks ulasan siswa kelas VIII A MTsN Hulu Sungai Utara dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write merupakan tujuan dari penelitian ini. Peningkatan secara proses maupun secara produk  dapat dilihat melalui strategi pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Hulu Sungai Utaramelalui penelitian tindakan kelas (PTK). Siswa kelas VIII A yang terdiri atas 21 siswa sebagai subjek penelitian. Dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi merupakan siklus yang digunakan dalam penelitian ini.  Penelitian ini dilakukan antara peneliti dengan guru mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia, secara kolaboratif.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan  tes  keterampilan  bercerita.  Lembar observasi, tes bercerita, dan  lembar  penilaian  keterampilan  bercerita  siswa merupakan instrumen  yang digunakan dalam penelitian ini  . Validitas proses, validitas dialogis, dan validitas hasil adalah validitas  yang  digunakan dalam penelitian ini. Secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif adalah cara yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh.

   Penerapan strategi Think Talk write dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VIII A MTsN 1 Hulu sungai Utara merupakan hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini. Dari kualitas proses  pembelajaran  yang  tercermin  dari  keaktifan,  perhatian  dan  konsentrasi siswa  pada  pelajaran,  minat  siswa  selama  pembelajaran,  keberanian  siswa bercerita di depan kelas menunjukkan peningkatan. Secara produk dapat dilihat dari skor rata- rata keterampilan bercerita dari pratindakan sampai siklus II mengalami peningkatan. Skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 18,24 pada pratindakan, , kemudian pada siklus I meningkat menjadi  21,91 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28,05. Sebesar 6,78 peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II sedangkan skor rata-rata kelas sebesar 9,81dari pratindakan hingga siklus II. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk write mampu meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VIII A MTsN 1 Hulu sungai Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract viewed = 151 times
PDF downloaded = 145 times