Mengembangkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Knos-KGS Kelas X-1 SMA Negeri 3 Kandangan
Abstract
SMA Negeri 3 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah sekolah yang masih menerapkan kurikulum KTSP pada tahun ajaran 2017. Berdasrkan observasi dan wawancara dengan guru pengajar bahwa proses pembelajaran Biologi masih kurang berpusat pada siswa, proses pembelajaran yang dilakukan guru kebanyakan masih dilakukan dengan metode ceramah sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih tidak terlalu aktif akibatnya hasil belajar siswa masih rendah, baik penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran maupun keterampilan akedamik siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran KNoS-KGS. Hasil belajar kognitif produk kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran) maupun kognitif proses( keterampilan generik sains siswa) dan psikomotor siswa pada penguasaan materi jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah dengan menggunakan model KNoS-KGS dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan.