Monitoring Dan Evaluasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Binaan Kepengawasan Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dibidang kompetensi Supervisi Akademik pada sekolah binaan kepengawasan Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan terhadap 8 sekolah binaan kepengawasan di Kota Malang, penelitian tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Untuk mengetahui adanya peningkatan kompetensi supervisi akademik kepala sekolah, dilakukan pengamatan setiap siklus dengan menggunakan instrumen penilaian kinerja kepala sekolah dibidang supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas pembina. Hasil penelitian adalah penilaian kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik. Pada prasiklus, kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik masih rendah yaitu 44,58 dengan katagori sangat kurang , setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 67,9 dengan katagori kurang , tetapi belum memenuhi kriteria yang diharapkan, sedangkan setelah tindakan pada siklus II, maka terjadi peningkatan menjadi 86,25 dengan kategori baik. Pada siklus II seluruh kepala sekolah telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu ≥ 80 dengan katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan monitoring dan evaluasi supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi supervisi akademik kepala sekolah binaan kepengawasan kota Malang.