Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Kelas VIII MTsN 1 Hulu Sungai Utara Tentang Haji Dan Umrah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning

  • Mujiburrahman MTsN 1 Hulu Sungai Utara
Keywords: Hasil Belajar, HOTS, Discovery Learning

Abstract

Faktor Utama dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran adalah bagaimana cara guru dalam menyampaikan materi. Itulah sebabnya peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Berdasarkan dengan    hasil   evaluasi   dan pengamatan   yang telah dilaksanakan pada mata pelajaran fiqih, siswa yang berhasil mencapai tingkat penguasaan materi sebesar 38,1% atau hanya 8 orang siswa, sedangkan 13 orang siswa lainya (61,9%masih dibawah KKM mata pelajaran yang ditentukan. Usaha untuk meningkatkan hasil belajar fiqih di madrasah merupakan kegiatan yang berkelanjutan dan melibatkan semua unsur yang ada di madrasah baik guru, siswa maupun sumber melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Desain, prosedur perbaikan pembelajaran ini adalah penelitian tindakan kelas yang direncanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan meningkatkan kemampuan mengajar, guru mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dari hasil perbaikan yang dilakukan terlihat pada siklus kedua hasil belajar siswa lebih meningkat.  Terdapat peningkatan aktifitas siswa dan keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, hal ini tergambar pada hasil belajar siswa pada siklus I hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 74,76 dengan persentasi ketuntasan secara klasikal yaitu 71,43%  . Tentu saja dengan kondisi seperti ini menuntut guru untuk melakukan perbaikan pada siklus II. Setelah melakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh nilai hasil belajar mencapai rata-rata  kelas 89,04 dengan persentasi ketuntasan secara klasikal 100%.

 

Published
2020-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 56 times
PDF downloaded = 112 times