Peningkatan Keterampilan Membaca Untuk Menemukan Ide Pokok Pada Teks Eksplanasi Dengan Metode CIRC Dan Teknik Permainan Media Tempel Pada Siswa Kelas VIII D MTsN 1 Hulu Sungai Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajara, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca untuk menemukan ide pokok pada teks eksplanasi pada siswa kelas VIII D MTsN 1 HSU setelah dilakukan pembelajaran keterampilan membaca untuk menemukan ide pokok dengan metode CIRC dan teknik permainan media tempel. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada siswa kelas VIII D MTsN 1 HSU dengan dua siklus. Tahapan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I dan siklus II, proses pembelajaran membaca untuk menemukan ide pokok pada teks eksplanasi menggunakan metode CIRC dan teknik permainan media tempel mengalami peningkatan ke arah positif. Kesimpulan yang dapat diambil dari siklus I, siswa belum terlalu siap menerima pembelajaran. Pada siklus II, menujukan peningkatan dibanding siklus I karena proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik.
Penelitian keterampilan membaca untuk menemukan ide pokok pada teks eksplanasi siswa kelas VIII D MTsN 1 HSU, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan berdasarkan hasil analisis data. Nilai rata-rata siswa pada pembelajaran siklus I adalah 56,2 dan dalam kategori kurang. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa setelah diberi tindakan adalah 75,7 dan berkategori baik. Setelah diberi tindakan siklus I dan siklus II, peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 14,7 %. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan keterampilan membaca untuk menemukan ide pokok pada teks eksplanasi mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VIII D MTsN 1 Hulu Sungai Utara Tahun Pelajatan 2019/2020.