Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Menggunakan Model Problem Based Learning
Abstract
Abad ke-21 merupakan era globalisasi dimana terjadi perubahan sangat cepat. Era ini menuntut manusia dapat bertahan dan beradaptasi dari perubahan tersebut. Kemampuan bertahan dan beradaptasi manusia sangat dipengaruhi dengan kemampuan berpikir tinggi tinggi untuk mencari solusi pemecahan masalah. Namun berdasarkan sejumlah penilaian internasional, nasional, hingga daerah dan fakta yang ditemui langsung dilapangan, pengajaran yang dilakukan guru masih kurang dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, dan guru jarang memberikan soal-soal yang mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga siswa masih kesulitan dalam memahami soal tingkat tinggi, siswa belum terampil dalam mengerjakan sesuatu yang baru dan belum dicontohkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kusan Hilir yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) terdiri atas instrument menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 64,23 dan pada siklus II pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 77,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kusan Hilir.