Etnomatematika dalam ragam hias melayu

  • Astri Wahyuni FKIP Universitas Islam Riau
  • Surgawi Pertiwi FKIP Universitas Islam Riau
Keywords: Budaya, Etnomatematika, Ragam Hias Melayu

Abstract

Budaya merupakan aset yang paling berharga yang dimiliki oleh suatu bangsa. Sehingga perlu dikelola secara bersama-sama dengan satu pemikiran. Serta dapat memberikan hasil yang bagus secara positif. Baik secara fisik maupun non fisik. Pendidikan merupakan pewarisan budaya bagi generasi muda dan proses pengembangan budaya bangsa untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa di masa mendatang.  Oleh karena itu, pendidikan dan budaya merupakan suatu satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan. Etnomatematika merupakan salah satu bentuk strategi pembelajaran matematika yang mengaitkan kearifan budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Melalui etnomatematika konsep-konsep matematika dapat dikembangkan dalam praktek-praktek budaya. Dengan demikian  diharapkan peserta didik dapat mengetahui bagaimana budaya mereka terkait dengan metematika. Unsur budaya yang dapat dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran matematika adalah ragam hias melayu. Ragam hias melayu merupakan unsur budaya yang berasal dari Riau dan berkembang di lingkungan masyarakat Riau

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Astri Wahyuni, FKIP Universitas Islam Riau

Prodi Pendidikan Matematika

Surgawi Pertiwi, FKIP Universitas Islam Riau

Prodi Pendidikan Matematika

References

Astri Wahyuni, dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY: Yogyakarta.

Barton, B. (1996). Making Sense of Ethnomathematics: Ethnomathematics is Making Sense. Educational Studies in Mathematics, 31(1-2), 201-33. Rosa & Orey, 2006).

D’Ambrosio, U. 1985. Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

D'Ambrosio. 1999. Literacy, Matheracy, and Technoracy: A Trivium for Today. Mathematical Thinking and Learning 1(2), 131-153.

Farizal Nasution. 2007. Budaya Melayu. Yogyakarta: Adicita Grup dan Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu.

Rosa, M. & Orey, D. C. 2011. Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.

Taufik Ikram Jamil, dkk. 2012. Ragam Budaya Melayu Riau. Lembaga Adat Melayu Riau: Pekanbaru.

Tennas Effendi dan Emmy Kadir. 2003. Ragam Hias Pada Rumah Melayu Riau. Caltex Pacific Indonesia: Pekanbaru.

Zulkifli M. Nuh dan Dardiri. 2016. Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan. No 2. Hlm.226.
Published
2017-08-30
How to Cite
Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113-118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61
Section
Research
Abstract viewed = 3426 times
PDF downloaded = 4363 times