Pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran matematika SMA di kota Banjarmasin

  • Rezkyanor Pauji STKIP PGRI Banjarmasin
  • Benny Nawa Trisna STKIP PGRI Banjarmasin
  • Muh. Fajaruddin Atsnan STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pemanfaatan, Hasil Evaluasi

Abstract

Guru memiliki peranan yang sangat strategis dan menentukan bagi keberhasilan pendidikan. Sangatlah penting kompetensi dan kinerja guru itu ditingkatkan sehingga peranannya yang strategis dan determinan itu benar-benar menyukseskan pendidikan. Kompetensi yang menjadi bagian dari kompetensi pedagogik dan menjadi unsur penilaian kinerja guru salah satunya adalah evaluasi. Dengan kompetensi ini diharapkan guru menyelenggarakan evaluasi proses dan hasil belajar secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran matematika oleh guru-guru matematika SMA di kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan subjek dua orang guru matematika SMA (masing-masing sekolah terakreditasi A dan B) di kota Banjarmasin. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika SMA terakreditasi A dan B di kota Banjarmasin memanfaatkan hasil evaluasi pembelajaran matematika untuk promosi peserta didik, mendiagnosis kelemahan dan kekurangan peserta didik, menentukan pengelompokkan dan penempatan peserta didik, sebagai umpan balik untuk perbaikan terhadap sistem pembelajaran, menyusun laporan kepada orang tua guna menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, sebagai dasar pertimbangan dalam membuat perencanaan pembelajaran, dan untuk menentukan perlu tidaknya pembelajaran remedial. Dalam menyusun laporan kepada orang tua, guru matematika SMA terakreditasi A dan B di kota Banjarmasin hanya membuat laporan secara tertulis, untuk laporan secara lisan kepada orang tua hanya dilakukan pada saat pembagian raport.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Benny Nawa Trisna, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

Muh. Fajaruddin Atsnan, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ali, Mohammad dan Asrori, Muhammad. 2014. Riset Pendidikan (Metodologi dan Aplikasi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dirman dan Juarsih, Cicih. 2014. Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Margono, S. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Published
2016-12-30
How to Cite
Pauji, R., Trisna, B. N., & Atsnan, M. F. (2016). Pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran matematika SMA di kota Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 164-170. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.45
Section
Research
Abstract viewed = 1262 times
PDF downloaded = 2243 times