Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear

  • Abdul Jabar STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Pada umumnya guru jarang memberikan atau membuat naskah soal yang berkarakter problem solving untuk menguji kemampuan pemecahan masalah. Keadaan ini tentu akan berimbas pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di SMK Negeri 3 Banjarmasin dengan menerapkan pendekatan pembelajaran problem posing di kelas XA program studi Multimedia pada materi sistem persamaan linear. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebelum melakukan treatmen terhadap kelas yang hendak diteliti, terlebih dahulu dilakasanakan pengamatan yang mencakup pembelajaran dan hasil pembelajaran. Indikator keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah yakni minimal siswa mampu memecahkan masalah pada level baik. Hasil kemampuan pemecahan masalah pada matematika pada siklus I terkategori sangat baik, sebanyak 12,9% sedangkan pada level baik, sebesar 87,1%. Pada siklus II, kemapuan pemecahan masalah matematika sebesar 100% berada pada level sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Fauzan. (2002). Applying realistic mathematics education (RME) in teaching geometry in indonesian primary schools. Thesis Megister, Den Haag: PrintPartners Ipskamp – Enschede.

Bell, F. H. (1978). Teaching and learning mathematics (In secondary school). USA: Wm. C. Browm Company Publisher.

Cai, J & Lester, F.(April 2010). Why is teaching with problem solving important to student learning. National Council of Teachers of Mathematics,1-6.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41, Tahun 2007, tentang tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

NCTM. (2000). Principles and standardas for school. Reston, VA: The National Council of Theacher of Mathematics, Inc.

OECD. (2013). PISA 2012 results: what students know and can do – student performance in reading, mathematics and science (Volume I). Diunduh dari www.oecd.org/publishing/corrigenda.

Xiaogang Xia, Chuanhan Lu, & Biingyi Wang. (2008). Reasearch on mathematics instruction experiment based problem posing.Journal of mathematics education, 1, 153-163.
Published
2015-08-30
How to Cite
Jabar, A. (2015). Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 80-87. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.4
Section
Research
Abstract viewed = 397 times
PDF downloaded = 735 times