BERPIKIR PSEUDO MAHASISWA PGSD PADA OPERASI BILANGAN BULAT

Hajjah Rafiah, M. Saufi, Siti Aulia, Arifin Riadi

Abstract


Kurangnya penguasaan konsep matematika di temukan pada mahasiswa PGSD.khususnya pada materi operasi bilangan bulat. Hal ini merupakan masalah serius karena sebagai calon guru, mahasiswa PGSD tentu harus memiliki pemahaman yang benar terhadap suatu konsep. Salah satu penyebab kurangnya penguasaan konsep ini adalah karena konstruksi pengetahuan yang rapuh. Kesalahan konstruksi pengetahuan ini bisa berupa bepikir pseudo, yaitu pseudo salah dan pseudo benar. Pseudo benar terjadi apabila mahasiswa dapat menjawab suat masalah masalah dengan benar, tetapi penalarannya salah. Sebaliknya, pseudo salah terjadi ketika mahasiswa menjawab salah, namun sebanarnya penalarannya benar. Berpikir pseudo ini dikaji dengan menggunakan desain penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 24 mahasiswa PGSD STKIP PGRI Banjarmasin pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa PGSD yang mengambil mata kuliah Kajian Matematika SD I mengalami berpikir pseudo pada materi operasi bilangan bulat. Dua puluh satu mahasiswa mengalami pseudo benar dan satu mahasiswa mengalami berpikir pseudo salah. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa PGSD mampu melakukan operasi bilangan bulat, namun tidak mampu mengkonstruksi konsep operasi bilangan bulat dengan baik karena proses yang dilakukan hanya bersifat prosedural.

Kata Kunci: berpikir pseudo, operasi bilangan bulat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Algarabel, S. & Dasi, C. (2001). The definition of achievement and the construction of tests for its measurement: A review of the main trends [Versi electronik]. Psicologica, 22, 43-66.

Al Jupri, Drijvers, P. & Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Student Difficulties in Solving Equations from an Operational and a Structural Perspective. Mathematics.

Chambers, P. (2008). Teaching mathematics. London: SAGE Publications Ltd.

Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research 4th Edition. Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Haylock, D., & Thangata, F. (2007). Key concept in teaching primary mathematics. Los Angeles – London – New Delhi – Singapore: SAGE Publication.

Hewitt, D. (2008). Understanding effective learning: strategies for the classroom. London: The Mc Graw. Hill Companies.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Kementerian. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Koicu, B., Harel, G. & Manaster, A. (2013). Ways of thinking associated with mathematics teachers’problem posing in the context of division of fractions. Instr Sci, 41: 681-698.

Oksuz, C. (2007). Children’s Understanding of Equality and the Equal Symbol. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, August 1st, (Online), http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/, diakses tanggal 5 Oktober 2017.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Santrock, J. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: UM Press.

Subanji. (2015). Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dalam Pemecahan Masalah Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Subanji & Nusantantara, T. (2013). Karakterisasi Kesalahan Berpikir Siswa dalam Mengkonstruksi Konsep Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19 (2): 208-217,

Tuna, A. (2013). A Conceptual Analysis of the Knowledge of Prospective Mathematics Teachers about Degree and Radian. World Journal of Education, 3 (4), (Online), www.sciedu.ca/wje, diakses tanggal 7 Oktober 2017.

Ureyen, M., Mahir, N. & Cetin, N. (2006). The Mistakes Made by the Students Taking a Calculus Course in Solving Inequalities. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, November, 30th, (Online), http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/, diakses tanggal 5 Oktober 2017

Veloo, A., Krishnasamy, H. N. & Abdullah, W. S. W. (2015). Types of Student Errors in Mathematical Symbols, Graphs and Problem-Solving. Asian Social Science, 15 (15): 324-334.




Copyright (c) 2018 Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Indexed by:

                        


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License


© 2017

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

STKIP PGRI Banjarmasin