PEMBAYANGAN MENTAL AWAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA TERHADAP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN FUNGSI REAL

Darmadi Darmadi, Benny N. Trisna

Abstract


Pembayangan mental grafik fungsi merupakan modalitas utama mahasiswa calon guru matematika dalam memahami konsep-konsep terkait fungsi real. Beberapa konsep matematika sangat memerlukan pembayangan mental tentang penjumlahan dan pengurangan fungsi. Paper ini membahas pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real.Data diperoleh melalui wawancara berbasis tugas.Sebanyak 20 subjek penelitian dipilih dari mahasiswa semester 7 program studi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Madiun yang belum pernah mendapatkan materi atau penjelasan tentang visualisasi penjumlahan dan pengurangan grafik fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 (tujuh) bentuk pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Darmadi. 2011. “Imajeri Mahasiswa Dalam Pembelajaran Analisis Real (Studi Kasus Di IKIP PGRI MADIUN)”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 3 Desember 2011

Darmadi. 2012. “Membangun Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dengan Visualisasi”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 24 Maret 2012

Darmadi. 2015. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal Berdasarkan Perbedaan Gender”. Disertasi, UNESA, Surabaya

Darmadi. 2016. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri”, Jurnal Math Educator Nusantara, ISSN: 2459-97345, Volume 2 Nomor 2, Hal 1-93, Mei 2016, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Indexed by:

                        


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License


© 2017

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

STKIP PGRI Banjarmasin