Profil aktivitas mahasiswa calon guru matematika dalam memahami definisi formal barisan konvergen dengan visualisasi

  • Darmadi Darmadi FP MIPA IKIP PGRI Madiun
Keywords: Mahasiswi, Calon Guru Matematika, Memahami, Definisi Formal, Barisan Konvergen, Visualisasi

Abstract

Beberapa mahasiswi kesulitan memahami definisi formal barisan konvergen. Mereka tidak mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memahami. Pada makalah ini, dibahas kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswi calon guru matematika dalam memahami definisi formal barisan konvergen dengan menggunakan visualisasi. Kegiatan-kegiatan ini memberikan gambaran tahap-tahap memahami definisi dengan visualisasi. Kegiatan-kegiatan tersebut diperoleh berdasarkan hasil penelitian deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data, dipilih satu mahasiswi sebagai subjek penelitian. Untuk mendapatkan data yang alami, digunakan metode wawancara berbasis tugas dengan format semi-terstruktur dalam mengumpulkan data. Untuk memvalidasi data, digunakan triangulasi waktu. Untuk menganalisis data, digunakan reduksi, kategorisasi, sintesisasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memahami definisi formal barisan konvergen, mahasiswi: mengenali, membayangkan, memperlihatkan gambaran barisan konvergen, memperlihatkan gambaran atribut definisi, dan menyimpulkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfeld, P. 2000. Understanding Mathematics a Study Guide. Department of Mathematics. College of Science. University of Ultah. Download 5 Januari 2007.

Anderson & Krathwohl. 2007. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen.

Atkinson & Shiffrin. 1968. http://chiron.valdosta.edu/whuitt/edpsyint.html. diakses tanggal 5 Juni 2012.

Bartle, R.G. & Sherbert D.R. 1982. Introduction to Real Analisis. University of Illinois: Urbana-Champaign. Illinois. John Wiley & Sons. Inc.

Darmadi. 2008a. Analisis Real Menurut Mahasiswa. Laporan Penelitian Tahun 2008. IKIP PGRI Madiun. Penelitian tidak dipublikasikan.

Darmadi. 2008b. “Spektrum Hasil Belajar Analisis Real Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2008/2009”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 5 Desember 2009.

Darmadi. 2008c. “Pengaruh Pemanfaatan Powerpoint dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret.

Darmadi. 2009a. “Pengembangan Model Pembelajaran Analisis Real Berbasis Teori David Tall”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNESA, Surabya, 8 Agustus 2009.

Darmadi. 2009b. Persiapan Mahasiswa Sebelum Kuliah. Laporan Penelitian Tahun 2009. IKIP PGRI Madiun.

Darmadi. 2009c. “Spektrum Hasil Belajar Kalkulus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2008/2009”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNNES, Semarang, 24 Oktober 2009.

Darmadi. 2010. “Perbaikan Kualitas Perkuliahan Analisis Real Melalui Lesson Study”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Lesson Study FP MIPA IKIP PGRI Madiun.

Darmadi. 2011a. “Berpikir Analitis, Kreatif, Kritis, dan Inovatif dalam Pembelajaran Analisis Real Ditinjau dari Taksonomi Bloom”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNESA, Surabaya, 22 Oktober 2011.

Darmadi. 2011b. “Imajeri Mahasiswa Dalam Pembelajaran Analisis Real (Studi Kasus Di IKIP PGRI MADIUN)”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 3 Desember 2011.

Darmadi. 2012a. “Membangun Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dengan Visualisasi”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 24 Maret 2012.

Darmadi. 2012b. “Visualisasi Definisi-Definisi Formal pada Barisan Bilangan Real”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNNES, Semarang, 26 Mei 2012.

Darmadi. 2013a. “Analisis Kesulitan Berpikir Visual Dalam Memahami Definisi Formal Pada Barisan Bilangan Real”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 9 Nopember 2013.

Darmadi. 2013b. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Laki-Laki Calon Guru Matematika Dalam Memahami Definisi Formal Pada Barisan Bilangan Real”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNS, Surakarta, 20 Nopember 2013.

Darmadi. 2013c. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Perempuan Calon Guru Matematika Dalam Memahami Definisi Formal Pada Barisan Bilangan Real”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNS, Surakarta, 20 Nopember 2013.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Diene, Z. P. 1971. Building up Mathematics: Diene on the Learning of Mathematics. 4th edition. London: Hutchinson Education Ltd. Ch. 2 pp: 18-40.

Fitri Rositasari. 2006. “Efektifitas Pemanfaatan PowerPoint Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penyajian dan Pengumpulan Data di SDN Banjarejo Tahun Akademik 2005/2006”. Skripsi, IKIP PGRI Madiun.

Goldberg, R.R. 1976. Methods of Real Analysis. The University of Lowa. United State of America. John Wiley & Sons, Inc.

Hamzah B.U. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, S. 2010. Mental Imagery: Tinjauan dari Segi Filsafat, Ilmu-Ilmu Kognitif dan Neurologis. Surabaya: UNESA University Press.

Hulse, dkk. 1981. The Psychology of Learning (International student edition). New York: McGraw-Hill International Book Company.

Jensen, E. 2008. Brain-Based Learning: The New Science of Teaching & Training (Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan). Edisi Revisi. Terjemahan Narulita Yusron. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemp. J.E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. (Terjemahan oleh Marjohan Asril). Bandung: ITB Press.

Kolh, D.A. 1984. Experiential Learning. New York: Prentice-Hall.

Lieb, S. 1991. Principles of Adult Learning. Senior Technical Writer and Planner, Arizona Department of Health Services and part-time Instructor, South Mountain Community College.

Masruri, Y. 2013. Pembayangan Mental (Mental Image). Posting: 02 Dec 2013. Alamat web: http://m.kompasiana.com/post/read/615840/2/ pembayangan-mental-mental-imagey.html. Diakses: 6 Juli 2014.

Nemirovsky, R. & Noblemany, T. 1997. On Mathematical Visualization and The Place Where We Live. Educational Studies in Mathematics 33: 99–131, 1997. © 1997 Kluwer Academic Publishers. Printed in The Netherlands.

Pinto, M.M.F. & Tall, D. 1999. Student Constructions of Formal Theory: Giving and Extracting Meaning. Published in Proceedings of the 23rd Conference of PME, Haifa, Israel, (1999), 3, 281–288.

Polya G. 1973. A New Aspect of Matematical Method. Second edition. Princeton, New Jersey: Princeton University Press.

Roam D. 2011. The Magic of Picture. Diterjemahkan dari The Back of Napkin. Jakarta selatan: Ufuk Press, PT. Ufuk Publishing House.

Rose, C. & Nicholl, M.J. 2006. Accelerated Learning for the 21th Century. Penterjemah: Dedy Ahimsa. Bandung. Penerbit Nuansa.

Santrock, J.W. 2009. Psikologi Pendidikan. Educational Psychology. Edisi 3. Buku 1. Jakarta: Salemba.

Schunk. 2012. Learning Theories an Edycational Perspective. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Edisi keenam. Penerjemah: Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Solso, R.L., Maclin O.H., Maclin M.K. 2007. Psikologi Kognitif. 8ed. Alih Bahasa Mikael Rahardanto dan Kristianto Batuadji. Editor: Wibi Hardani. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sternberg, R.J. 2008. Psikologi Kognitif. .Judul Asli: Cognitif Psychology. Penerjemah: Yudi Santoso. Penyuting: Saiful Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Suhartini. 2007. “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika dengan VCD Pembelajaran pada Pokok Bahasan Fungsi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2007/2008”. Skripsi, IKIP PGRI Madiun

Suparman. 2012. Panduan Para Pengajar & Inovator: Pendidikan Desain Instruksional Mpdern. Jakarta: Erlangga.

Sutiarso, S. 2000. Problem Posing: Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Konperensi Nasional Matematika X. ITB, 17-20 Juli 2000.

Tall. 1988. “Concept Image and Concept Definition”. Senior Secondary Mathematics Education, (ed. Jan de Lange, Michiel Doorman), OW&OC Utrecht, 37–41.

Tall. 1991. “Intuition And Rigour : The Role of Visualization in The Calculus”. Visualization in Mathematics (ed. Zimmermann & Cunningham), M.A.A., Notes No. 19, 105–119

Tall. 1994a. “A Versatile Theory of Visualisation and Symbolisation in Mathematics”. Plenary Presentation at the Commission Internationale pour l’Étude et l’Amélioration de l’Ensignement des Mathématiques, Toulouse, France, July 1994

Tall. 1994b. “The Psychologyof Advanced Mathematical Thinking: Biological Brain and Mathematical Mind”. Prepared for the Working Group on Advanced Mathematical Thinking, at the Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Lisbon, July 1994.

Tall. 1995. “Cognitive Development, Representations and Proof”. This paper was prepared for the Conference on Justifying and Proving in School. Mathematics, Institute of Education, London, December 1995, pp. 27–38.

Tall. 2005a. “A Theory of Mathematical Growth through Embodiment, Symbolism and Proof”. Written for the International Colloquium on Mathematical Learning from Early Childhood to Adulthood, organised by the Centre de Recherche sur l’Enseignement des Mathématiques, Nivelles, Belgium, 5-7 July 2005.

Tall. 2005b. “The Transition from Embodied Thought Experiment and Symbolic Manipulation to Formal Proof”. This article is written for the Delta Conference, on Frazer Island, Australia, November 2005.

Siswono, T.Y.E. 2011. “Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNESA, Surabaya, 22 Oktober 2011

Wasan, S.K. & Prakash, R. Ramjas College: Real Analysis. University of Delhi; Rajdhani College. University of Delhi. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publising Company Limited.
Published
2015-12-30
How to Cite
Darmadi, D. (2015). Profil aktivitas mahasiswa calon guru matematika dalam memahami definisi formal barisan konvergen dengan visualisasi. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 140-163. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.15
Section
Research
Abstract viewed = 417 times
PDF downloaded = 470 times