PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI BLENDED LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X FARMASI 1 SMK NEGERI 1 MARTAPURA TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Ahmad Sairoji, Dina Huriaty, Mayang Gadih Ranti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa dalam model pembelajaran koperatif tipe jigsaw dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui blended learning pada materi trigonometri di kelas X Farmasi 1 SMK Negeri 1 Martapura tahun pelajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Farmasi 1 SMK Negeri 1 Martapura tahun pelajaran 2016-2017, yang berjumlah 37 siswa yang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan, sedangkan objek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase, rata-rata, dan modus. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa berada pada kualifikasi sangat tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dari kualifikasi baik menjadi sangat baik.

Kata Kunci: blended learning, hasil belajar, trigonometri

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Iskandar, Agung. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bentari Buana Murni.

Kesuma, Ameliasari, T. 2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta: Erlangga.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Kota: Kencana Predana Media Grup.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Priansa, Donni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Usman, Moh. Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.




Copyright (c) 2017 Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Indexed by:

                        


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License


© 2017

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

STKIP PGRI Banjarmasin