ANALISIS SEMIOTIK DALAM KUMPULAN CERPENAIR MATAIBUKU DALAM SEMANGKUK SUP AYAM

Lili Agustina

Abstract


Karya sastra dalam kajian semiotika menitikberatkan pada sistem tanda-tanda atau kumpulan tanda-tanda.  Sebuah karya sastra dapat menyajikan tanda-tanda yang dapat dilihat  dari pemakaian bahasa yang digunakan. Tanda-tandayang ada pada karya sastra harus diungkap untuk mengetahui pesan yang ingindisampaikan oleh pengarang. Dengan semiotik, pembaca dapat menangkap pesanatau maksuddari cerpen yang berjudul “Air Mata Ibuku dalam Semangkuk SupAyam” yang tidak ditampilkan pengarang secara jelas. Pada saat membaca,seseorang akan menginterpretasikan dengan cara yang berbeda berdasarkanpemahaman pembaca tersebut. Namun, semua itu dapat dibatasi oleh adanyapemahaman dalam konvensi bahasa, sastra, dan budaya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatansemiotik, yaitu membahas tanda-tanda dalam cerpen yang berjudul “Air MataIbuku dalam Semangkuk Sup Ayam”.Metode penelitian yang digunakan kualitatifdeskriptif.Data yang terkumpul diklasifikasikan atau dikelompok-kelompokanmenurut jenis, sifat, atau kondisinya, setelah datanya lengkap, kemudian dibuatkesimpulan.
Sebuah karya sastra dapat menyajikan tanda-tanda yang dapat dilihat  daripemakaian bahasa yang digunakan.Bertolak dari pandangan bahwa semua yangterdapat dalam karya sastra merupakan lambang-lambang atau kode-kode yangmempunyai arti/makna tertentu. Arti/makna tertentu di sini berkaitan erat dengansistem masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan dalam cerpen initerdapat beberapa kode, yaitu kode teka-teki, simbolis, aksian, danbudaya untukmembantu menginterpretasikan cerpen yang berjudul“Air Mata Ibuku dalamSemangkuk Sup Ayam”.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.