PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANTEAMS GAMESTOURNAMENT (TGT)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN JEJANGKIT MUARA 2

Rahidatul Laila Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajarsiswa pada mata pelajaranPKnkhususnya materi organisasi dengan menggunakan model pembelajaran teams gamestournament(TGT). Penelitian ini dilaksanakan di SDNJejangkit Muara 2pada tahun ajaran2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah10orang. Jenispenelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes.Berdasarkan hasil analisis databelajar siswa,peningkatan hasil belajar siswadapat dilihatdari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada nilai awal sebelum diberi tindakansebesar 61,5, siklus I70,9,dan pada siklus II naik menjadi 81,6. Untuk siswa tuntas belajar(nilai ketuntasan 74) pada nilai awal sebelum diberi tindakan40%, tes siklus I 60% setelahdilakukan refleksi terdapat 6 siswa yang tidak tuntas (nilai ulangan dibawah 74), namunsecara keseluruhan sudah meningkat hasil belajarnya bila dilihat dari presentase ketuntasansiswa, dan pada tes siklus II menjadi90%, ini menandakan sudah tercapai kriteria ketuntasan
klasikal minimal yaitu sekurang-kurangnya 80% siswa mendapat nilai 74.Dari hasiltemuan dalam penelitian ini diharapkan agar guru di sekolah dasar dapatmenggunakan model teams games tournament(TGT)dalam pembelajaranPKn disekolah dasar sebagai upaya dalam menciptakan peningkatan hasil belajar siswadalampembelajaran.

Full Text:

PDF (Indonesian)