TINDAK TUTUR GURU DAN MURID DI SMA NEGERI 1 KELUAKABUPATEN TABALONG

Hj. Ida Komalasari dan Akhmad Ramadhani

Abstract


Sekolah merupakan salah tempat terjadinya peristiwa tutur antara guru dan
murid. Peristiwa tutur tersebut akan menunjukan suatu tindak tutur. Oleh karenaitu, peneliti melakukan penelitian tentang tindak tutur guru dan murid di SMANegeri 1 Kelua dengan tujuan mendeskripsikan bentuk guru dan murid di SMANegeri 1 Kelua. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metodedeskriptif yang berusaha menggambarkan sesuatu yang terjadi dengan apa adanya,dan bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan dan melihatkaitannya dengan variabel-variabel yang telah ditentukan. Sumber data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah percakapan yang berwujud wacana tuturyang berlangsung antara guru dan murid di SMA Negeri 1 Kelua dalam bentukwujud pemakaian bahasa lisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahteknik observasi, teknik rekam, dan teknik transkrip.Teknik analisis datamenggunakan metode deskriptif yaitu mengumpulkan, menyusun, menganalisis,dan mengiterpretasikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuktindak tutur dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaransangan bervariasi tergantung dari tujuan yang akan dicapai, sehingga berbagaiperistiwa tutur tidak hanya ditentukan oleh unsur-unsur kebahasaan secarastruktural melainkan juga harus sesuai dengan prinsip-prinsip pemakaian bahasaserta bentuk tindak tutur yang digunakan juga harus tepat, karena mempengaruhitingkat pemahaman peserta tutur terhadap makna yang dimaksud. Bentuk tindaktutur seperti lokusi, ilokusi, dan perlokusi.

Full Text:

PDF (Indonesian)