MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PRODUK SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL KNoS-KGS KELAS X-2 IPA SMA NEGERI 1 JARO

  • Nina Hariyati STKIP PGRI Banjarmasin
  • Rezky Nefianthi STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan, KNos-KGS

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan wahana untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan sikap dan nilai serta tanggung jawab kepada lingkungan masyarakat, bangsa, negara dan agama. Biologi berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga pembelajaran biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan tetapi juga proses penemuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah nya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Jaro, yakni banyak siswa yang hasil belajarnya dibawah KKM serta rendah nya minat belajar siswa terutama dalam pembelajaran biologi, banyak siswa yang cenderung pasif dalam kegiatan tanya jawab kurang berjalan baik saat dilakukan pembelajaran. Untuk mewujudkan pembelajaran yang baik dan efektif dalam kelas salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model KNoS-KGS yaitu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 IPA di SMA Negeri 1 Jaro yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa soal pretes dan postes. Teknik analisis data menggunakan analisis data melalui lembar penilaian kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran KNoS-KGS hasil belajar mengalami peningkatan. Pada hasil belajar kognitif siswa  siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 68.75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45%, sedangkan pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 76.00 dengan ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 78.00 dengan ketuntasan 80%, pada pertemuan ke 2 menjadi 86.25 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Published
2019-02-19
Section
Articles
Abstract viewed = 177 times
PDF downloaded = 156 times